Mengapa Aku Berbeda?

Ada begitu banyak orang yang merenungi keunikan dalam dirinya sebagai sebuah "kutukan", padahal apa yang dimilikinya adalah "keindahan".

Mengapa Aku Berbeda?

94 Views

Amar Alfikar

Published By : Amar Alfikar

20 March 2018

Setiap orang memiliki keunikannya sendiri-sendiri, setiap manusia terlahir dengan berbagai perbedaan identitas dan karakter yang melekat dalam dirinya. Beragam identitas dan karakter tersebut bisa jadi berubah seiring dengan semakin menuanya usia manusia, bisa jadi tidak.

Ketika memandang diri sendiri dengan berbagai perbedaan yang ada dari manusia lainnya, seringkali kita terjebak dalam perenungan yang berlebihan hingga berujung pada keterasingan diri; perasaan rendah diri yang terus menerus menghantui diiringi dengan rasa minder, kesedihan bahkan ketakutan.

Tak sedikit dari kita yang menilai perbedaan identitas, perbedaan apapun itu, sebagai sebuah kutukan yang membuat kita berpikir bahwa menjadi berbeda adalah sebuah dosa besar.

Pemikiran semacam itu harus lekas-lekas kita ubah dan kita buang jauh-jauh dari perasaan dan kepala kita sebab perbedaan yang ada dalam diri kita adalah keindahan dan karunia yang luar biasa dari Tuhan.

Jangan pernah merasa sendiri ketika Anda merasa menjadi pribadi yang berbeda. Terimalah diri Anda sebagaimana apa adanya diri Anda sebenar-benarnya sebab dunia ini dipenuhi dengan manusia yang senantiasa berbeda.

Seorang penulis dunia, Barry Lopez, pernah mengatakan diversity is not characteristic of life, it is condition necessary for life, like air and water. Perbedaan (keragaman) bukan sekadar karakter dari kehidupan, perbedaan adalah kebutuhan yang harus ada dalam hidup kita, seperti air dan udara.

Tags

94 Views

Published By : Amar Alfikar

20 March 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait