Tato, Roh Kehidupan Suku Mentawai

Tidak banyak yang tahu bahwa tato memiliki sejarah kebudayaan yang begitu kaya dan mengandung nilai-nilai kehidupan yang filosofis

Tato, Roh Kehidupan Suku Mentawai

75 Views

Amar Alfikar

Published By : Amar Alfikar

20 March 2018

Bagi kebanyakan orang, tato dianggap sebagai ekspresi tubuh yang erat kaitannya dengan gaya hidup yang buruk, bebas dan urakan. Orang yang memiliki tato dalam tubuhnya kerap dipandang sebelah mata dan dianggap jauh dari norma kebaikan masyarakat sekitar.

Tidak banyak yang tahu bahwa tato memiliki sejarah kebudayaan yang begitu kaya dan mengandung nilai-nilai kehidupan yang filosofis, terutama jika Anda menilik kehidupan Suku Mentawai di Kepulauan Nusantara bagian Barat.

Bagi Suku Mentawai, tato bukanlah bagian dari kehidupan modern yang bebas dan urakan. Justru, tato merupakan bagian dari nafas tradisi yang harus terus dijaga dan dilestarikan karena tato adalah bagian dari ritual yang tidak saja mewakili identitas sosial dan kebudayaan masyarakat Mentawai, namun juga menjadi simbol pelestarian alam dan kehidupan.

Itulah mengapa dalam tradisi tato Suku Mentawai, perbedaan profesi dan strata sosial seseorang mempengaruhi bentuk tato yang melekat dalam tubuh mereka. Anak panah misalnya, biasanya digambar di bahu kanan hingga kiri kaum lelaki yang menunjukkan bahwa masyarakat Mentawai memburu binatang sebagai bahan lauk mereka untuk makan, mereka juga akan menambahkan gambar-gambar binatang di tubuh mereka sesuai dengan hewan apa saja yang sudah berhasil mereka buru.

Sementara di tubuh seorang dukun Mentawai, biasanya tergambar simbol sibalu-balu atau bintang yang menyerupai matahari sebagai simbol kemahiran seorang dukun dalam meramal kehidupan.

Selain itu, gambar alat-alat tradisional seperti rotan dan pancing juga kerap melekat di tubuh mereka sebagai bentuk penghargaan mereka terhadap tradisi masyarakat yang masih menjalankan segala kehidupan ini dengan cara mengolah apa saja yang datang dari alam. Dengan menato tubuh, masyarakat Mentawai memberikan penghormatan mereka yang demikian tinggi atas alam dan kehidupan ini.

Tags

75 Views

Published By : Amar Alfikar

20 March 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait