Sejarah dan Tren Musik J-Pop di Dunia

Trend musik J-Pop di Indonesia sudah cukup lama digandrungi oleh semua orang. Karena musin J-Pop memiliki kharakteristik musik tersendiri

Sejarah dan Tren Musik J-Pop di Dunia

69 Views

Art & Culture

Published By : Art & Culture

11 April 2018

Tren musik J-POP di Indonesia memang sudah lama digandrungi oleh para remaja. Sebenarnya musik ini sendiri diciptakan oleh media massa Jepang untuk membedakan antara musik Jepang dengan musik-musik yang lainnya, hingga kini akhirnya istilah J-POP digunakan untuk hampir seluruh lagu populer di Jepang.

Popularitas dari musik J-POP ini sendiri kian tahun semakin meningkat, bahkan menurut data pada tahun 2006 yang dihimpun dari International Federation of the Phonographic Industry, industry musik Jepang dengan J-POP dan juga aliran yang lainnya menempati peringkat kedua di dunia, setelah Amerika Serikat pada posisi pertama. Meskipun sebenarnya istilah J-POP sendiri sudah ada sejak tahun 1988 tetapi di kalangan masyarakat luas di Jepang istilah tersebut baru dikenal sekitar tahun 1993 hingga 1996.

Pada tahun 1990-an industry musik Jepang memang sudah berada dalam perkembangan yang pesat, terbukti pada tahun 1991 total penjualan rekaman di Jepang sendiri mencapai 400 miliar yen dan bahkan meningkat menjadi 6,074 triliun yen di tahun 1998.

Pada tahun 2000-an memang industry musik Jepang mengalami penurunan diakibatkan oleh berubahnya tren konsumen dari sebelumnya membeli rekaman fisik dan saat itu berubah menjadi membeli unduhan musik sehingga penjualan album di tahun 2000-an mengalami penurunan. Meski begitu, tren musik J-POP ini sendiri masih tetap Berjaya hingga sekarang, bahkan dari luar negara Jepang pun berupaya untuk bersaing dan bahkan masuk ke dalam industry musik Jepang.

69 Views

Published By : Art & Culture

11 April 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait