Seperti Inilah Proses Pertunjukan dari Kesenian Jaranan

Dalam praktiknya, pertunjukan jaranan ini dilakukan dengan cara pemanggilan roh para leluhur untuk ikut menari dalam tarian jaranan.

Seperti Inilah Proses Pertunjukan dari Kesenian Jaranan

230 Views

Art & Culture

Published By : Art & Culture

16 March 2018

Dalam proses pertunjukannya, kesenian jaranan ini dimainkan oleh sekelompok penari yang menggunakan pakaian prajurit yang sedang menaiki kuda kepang. Sambil naik kuda itu, mereka kemudian menari-nari dengan menggunakan gerakan yang terlihat dinamis dan juga selaras sekali dengan alunan musik yang mengiringinya. Tak hanya itu saja, mereka juga memainkan kudanya dengan gerakan yang bervariasi.

Umumnya, dalam pertunjukannya ini selalu diiringi dengan sebuah musik gamelan, dari kendang, kenong, gong, dll. Menariknya lagi adalah, biasanya dalam proses pertunjukannya tersebut juga kental sekali dengan aroma magis dan juga spiritualnya yang tinggi dan bernilai. Tak heran bila ketika pertunjukan dari sang penari dimulai, maka kerap terjadi sebuah kejadian kesurupan atau trance.

Hal ini terjadi berkaitan dari kepercayaan para masyarakat Jawa di era dulu terhadap roh dari para leluhur. Karena itulah, banyak warga menggunakan tarian jaranan ini untuk alat berkomunikasi dengan para leluhurnya. Dalam tarian inilah nantinya ada juga seorang pawang yang kerap dipanggil dengan gambuh. Dia tugasnya adalah melakukan sebuah ritual dan berkomunikasi dengan roh leluhur agar dapat menyembuhkan penari yang sedang kesurupan.

Saat pertunjukan berlangsung, sang gambuh akan membaca sebuah mantra untuk memanggil para roh leluhur agar masuk ke dalam raga si penari. Sesudah itu, penari akan menari dengan tanpa sadar karena telah dikendalikan oleh roh yang sudah merasukinya. Selanjutnya, mereka akan mulai beratraksi. Misalnya saja seperti makan pecahan kaca, makan bunga, dll tanpa merasa sakit sedikitpun.

Tags

230 Views

Published By : Art & Culture

16 March 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait