Jangan asal ambil, perhatikan 2 hal ini sebelum membeli barang

Jangan sampai terlewatkan, coba teliti dulu sebelum rugi

Jangan asal ambil, perhatikan 2 hal ini sebelum membeli barang

64 Views

dunia.kuliner

Published By : dunia.kuliner

25 April 2018

Tidak sempat berbelanja di pasar tradisional, sebagai pertolongan utamanya adalah berbelanja di super market. Karena disana jarang ditemukan makanan segar tapi kemasan dengan banyak pilihan. Yang paling sering dilakukan ketika masuk ke dalam super market langsung tertuju pada rak-rak dan mengambil barang yang dicari. Namun jangan membiasakan bersikap acuh pada barang yang akan dibeli, Anda harus memperhatikan barang dari kemasannya. Selain masih dalam kondisi yang bagus, tidak cacat, atau berdebu juga harus memperhatikan dua hal berikut ini.

Lihat Nomor Izin BPOM dan Logo MUI

Lihat Nomor Izin BPOM dan Logo MUI

http://linisehat.com/perbedaan-label-nomor-md-ml-dan-pirt-kemasan-makanan/

Saat Anda berbelanja, yang harus diperhatikan pertama kali adalah nomor izin dari Balai Pengawas Obat & Makanan. Ini menandakan bahwa makanan yang akan Anda beli sudah lulus uji dan aman untuk dikonsumsi. Namun jika merasa ragu pada produk tersebut mungkin saja karena kemasannya yang tak meyakinkan, Anda bisa mengecek nomor yang tertera pada kemasan tersebut di link http://cekbpom.pom.go.id/

Untuk sekedar pengetahuan, kode-kode yang terdapat sebelum angka BPOM adalah kode yang bisa menunjukkan asal produk tersebut.

ML : Makanan Luar  atau makanan impor yang berasal dari luar negeri

MD : Makanan Dalam dengan merek dalam negeri

PIRT : Pangan Industri Rumah Tangga adalah kode untuk produk yang berasal dari Usaha Kecil dan Menengah. 

SP : Sertifikasi Penyuluhan yang merupakan menunjukkan keamanan makanan kemasan yang diproduksi oleh pengusaha rumahan.

Nah, bagi yang beragama muslim, demi keamanan Anda harus melihat apakah makanan tersebut telah memiliki logo halal dari MUI. Jika tidak terdapat, sebaiknya Anda menahan diri untuk membelinya.

Cek tanggal kedaluwarsa

Cek tanggal kedaluwarsa

http://bali.tribunnews.com/2016/10/07/baca-ini-beda-expired-date-dan-best-before-pada-kemasan-makanan?page=2

Yang paling harus diingat ketika membeli makanan kemasan adalah tanggal kedaluwarsa. Kadang, terburu-buru atau ingin sekali memiliki barang itu jadi langsung gerak cepat membawanya ke kasir. Begitu sampai di rumah, baru memperhatikan kemasan dan ternyata barang sudah tidak bisa digunakan lagi karena masa berlakunya sudah habis. Dipaksakan malah bisa berbahaya.

Perlu diketahui, beberapa kemasan makanan ada yang menggunakan tulisan EXP atau expired juga ada Best before. Bedanya, expired adalah tanggal yang diperkirakan oleh pabrik makanan tersebut mengalami perubahan fisik dan aroma. Sedangkan best before adalah tanggal yang diperkirakan kandungan gizi masih maksimal untuk dikonsumsi.

64 Views

Published By : dunia.kuliner

25 April 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait