Stop Bullying! Selamatkan Masa Depan Anak Anda

"Mari sejak dini ajarkan anak untuk menghargai sesama tanpa memandang materi atupun fisik seseorang."

Stop Bullying! Selamatkan Masa Depan Anak Anda

63 Views

Endah Komara Dewi

Published By : Endah Komara Dewi

04 March 2018

Pergaulan sekarang terbilang sangat jahat dan kejam, tergantung kita yang menjalankan dan mengaturnya, jangan sampai karena satu perkataan merusak segalanya. Kurangnya perhatian dan buruknya contoh yang mereka lihat akan menimbulkan hal negatif

Sebagian orang mungkin merasa terasingkan dari kelompok atau teman-temannya karena kalah dalam beberapa hal. Mungkin karena tidak bisa mengikuti Trend dan Kebiasaan dalam kelompoknya tersebut.

Dan lebih buruknya lagi mereka menjadi korban Bullying di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya.

 

Apa itu Bullying?

Bullying merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok guna mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain dengan cara kekerasan.

Bullying sendiri sudah marak terjadi sekarang di kalangan anak-anak dan remaja. Bullying berdampak sangat buruk bagi kesehatan mental dan fisik bagi sang korban.

Perbuatan pembullyian sendiri kadang berupa pemaksaan dan menyakiti dalam bentuk tindakan memukul, mendorong, mengejek, mengancam, melecehkan dan masih banyak lagi. Itu bisa di lakukan tidak hanya secara langsung, pada era yang modern ini bullying jg bisa terjadi melalui media perpesanan dan media sosial.

Bullying juga sebenarnya bisa diartikan juga sebagai tindakan kekerasan yang bisa dilakukan dimana sja dan pada siapapun tanpa adanya batasan.

 

Dampak dari Bullying

Para korban Bullying akan terampas rasa percaya dirinya dan memiliki rasa ketakutan yang amat sangat mendalam. Ketakutan dan trauma yang di derita oleh para korban Bullying akan terbawa hingga mereka dewasa dan depresi, yang ditakutkan adalah saat para pelaku Bullying dewasa nanti mereka akan menjadi pribadi yang kejam atau jahat.

 

Penanganan Bullying

Adanya peranan kebijakan dan tindakan terintegrasi mulai dari guru, sesama murid, pihak sekolah, dan orang tua, agar menghentikan perilaku bullying dan memberi jaminan atas rasa aman bagi para korban Bullying.

 

Pencegahan Bullying

1. Perlunya peranan semua pihak yang terkait untuk mencegah dan menghambat munculnya tindakan kekerasan

2. Jalin Komunikasi yang baik dengan anak, berilah perhatian lebih bila anak tiba-tiba murung dan malas ke sekolah

3. Ajari anak untuk bersikap Self Defense dalam artian menghindari diri dari korban atau pelaku kekerasan. Dengan cara meminta anak untuk melapor pada guru jika mendapatkan kekerasan dari teman atau orang lain di sekolah

Dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah Bullying. Perhatian orang tua sangatlah penting bagi anak. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberi informasi dan memberi manfaat bagi kita semua.

Tags

63 Views

Published By : Endah Komara Dewi

04 March 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait