Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Punya kebiasaan mendengkur yang mengganggu? Tenang saja, inilah solusinya!

Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

78 Views

Fikri Ardian

Published By : Fikri Ardian

26 February 2018

Apakah anda pernah mendapat komplain dari teman tidur karena suara dengkuran yang keras? Jika iya itu berarti proses pernapasan sedang berjuang menembus saluran nafas ketika anda tertidur.

Sebenarnya hal ini memang terjadi begitu saja secara alami tanpa anda sadari, terlebih saat sedang tidur dengan tidak rileks maka proses pernapasan akan semakin berat karena otot pada saluran pernapasan akan menyempit. Lalu bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan tersebut maka disini akan dibagikan tips untuk menghilangkan suara dengkuran saat tidur, berikut ulasannya:

  1. Mengatur posisi tidur

Usahakanlah untuk tidak tidur dengan posisi telentang, karena ketika anda tertidur pada posisi ini maka lidah akan sedikit masuk ke dinding belakang bagian tenggorokan sehingga menyebabkan saluran udara tersumbat yang kemudian memicu timbulnya getaran dan suara dengkuran.

 

Begitu pula ketika anda tertidur dengan posisi tengkurap. Tidur pada posisi ini akan membuat perut dan leher tertekan sehingga menyebabkan sulitnya proses pernapasan yang mana akan memicu suara dengkuran.

 

Posisi terbaik saat tidur adalah posisi miring ke sebelah kanan, dengan demikian maka saluran pernapasan tidak akan terhambat dan aliran oksigen akan dengan mudah mengaliri jantung sehingga dapat menyehatkan tubuh.

 

  1. Tinggikan posisi kepala

Jika anda sudah mengatur posisi tidur dan ternyata masih saja mendengkur maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah meninggikan posisi kepala dengan menambahkan bantal yang lebih tinggi. Dengan begitu tekanan pada saluran pernapasan akan berkurang sehingga proses bernafas pun akan lebih lancar.

 

  1. Perhatikan kualitas tidur

Jika kedua hal diatas belum juga berhasil maka selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidur anda selama ini. Karena jika kualitas tidur anda kurang baik maka dapat mempengaruhi sinyal yang dikirim pada otak sehingga tubuh merasa tidak nyaman dan akhirnya mengeluarkan suara dengkuran.

 

  1. Jangan merokok

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kebiasan merokok. Zat kimia yang terdapat pada rokok dapat menimbulkan iritasi pada selaput lendir di saluran pernapasan sehingga menyebabkan pembengkakan pada area tersebut yang kemudian membuat produksi lendir secara berlebih dan menyumbat saluran pernapasan.

 

  1. Diet

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur adalah dengan diet. Hal ini dikarenakan ketika memiliki berat badan berlebih maka dikhawatirkan terdapat tumpukan lemak pada bagian leher yang kemudian mempengaruhi jalannya aliran pernapasan sehingga menyebabkan dengkuran. Oleh karena itu diperlukan diet untuk mendapat berat badan ideal dan kondisi kesehatan yang baik.

 

Demikian 5 tips yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah dengkuran saat tidur, semoga bermanfaat.

Tags

78 Views

Published By : Fikri Ardian

26 February 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait