Berikut Ada 5 Jenis Ikan Gabus Atau Channa Yang Populer!

Ikan yang dapat bertahan di darat dalam waktu yang cukup lama ini memiliki beberapa jenis yang paling populer, diantaranya adalah..

Berikut Ada 5 Jenis Ikan Gabus Atau Channa Yang Populer!

2.179 Views

IKAN

Published By : IKAN

21 April 2018

Diantara sekian banyaknya jenis Ikan Gabus atau Channa dengan nama ilmiah Snakehead yang hidupnya lebih banyak di sungai dan rawa-rawa ini terdapat beberapa jenis yang populer. Apa saja? Inilah 5 jenis ikan Gabus terpopuler!

1. Channa Micropeltes

1. Channa Micropeltes

Ikan Gabus yang lebih banyak dijumpai di daerah Asia Tenggara ini adalah ikan Gabus jenis Micropeltes atau sering disebut dengan ikan Toman. Ikan dengan harga yang relatif murah ini memiliki warna loreng-loreng seperti harimau yang membuatnya banyak diminati di kalangan pecinta ikan.

2. Channa Diplogramma

2. Channa Diplogramma

Ikan yang memiliki habitat asli di Semenanjung India adalah ikan Gabus jenis Diplogramma atau lebih dikenal dengan nama Malabar Snakehead. Sekilas, ikan ini mirip dengan ikan Gabus Micropeltes. Namun, ketika dewasa, motif ikan ini akan berubah menjadi lebih gelap dan tentunya keren. Sayangnya, populasi ikan ini sudah tidak begitu banyak.

3. Channa Bleheri

3. Channa Bleheri

Ikan dengan julukan Rainbow Snakehead yang memiliki motif seperti pelangi dan berhabitat asli di Assam, India ini adalah ikan Gabus Bleheri. Uniknya, ikan ini memiliki sirip berwarna oranye.

4. Channa Pleuro

4. Channa Pleuro

Ikan dengan nama ilmiah Snakehead Pleurophthalma ini merupakan ikan Gabus jenis Pleuro. Ikan gabus yang memiliki warna dasar hijau dan biru serta terdapat bercak hitam besar di bagian tengah tubuhnya ini dapat tumbuh hingga mencapai 40 cm. Ikan ini dapat dijumpai di Indonesia tepatnya di Sumatra dan Borneo yang kerap kali dipanggil dengan sebutan ikan Gabus Selendangmayang.

5. Channa Barca

5. Channa Barca

Ikan bercorak biru yang siripnya melebar ke atas ini adalah ikan Gabus Barca. Ikan yang berhabitat asli di negara bagian Assam dan Nagaland di India bagian timur laut yang rawan konflik membuat harga ikan ini menjadi sangat mahal. Tapi hal itu tidak menyurutkan banyaknya peminat di kalangan pecinta ikan.

Nah, itulah 5 jenis ikan Gabus yang terpopuler. Apakah ikan Gabus peliharaanmu juga termasuk?

2.179 Views

Published By : IKAN

21 April 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait