Inilah 9 Tanda Ikan Hias Sedang Stress atau Sakit Yang Wajib Kamu Ketahui!

Ikan hias stress dan sakit?? Kenali tanda-tandanya!

Inilah 9 Tanda Ikan Hias Sedang Stress atau Sakit Yang Wajib Kamu Ketahui!

3.089 Views

IKAN

Published By : IKAN

05 April 2018

Ikan hias juga makhluk hidup yang bisa mengalami stress dan terserang penyakit. Jangan sampai ikan hias peliharaanmu sedang stress atau sakit tapi kamu malah tidak menyadarinya. Kamu harus mengenal 9 tanda ikan hias sedang stress atau sakit sebagai berikut!

1. Sirip Ikan Hias Menguncup (Clamped Fins)
Tak terkecuali apapun jenis ikan hias peliharaanmu, jika siripnya tak lagi berdiri tegak seperti biasanya itu adalah pertanda bahwa gejala awal sakit sedang menyerang ikan hias peliharaanmu.

2. Ikan Hias Mondar Mandir Berenang (Shimmy)
Salah satu tanda dan ciri ikan hias sedang stress atau sakit yaitu ikan berenang dengan cepat lalu kembali lagi persis seperti mondar mandir, itulah yang disebut dengan Shimmy. Jika tidak mau ikan hias peliharaanmu semakin bertambah stress lalu akhirnya sakit maka segera lakukanlah penanganan.

3. Napsu Makan Ikan Hias Berkurang
Ikan hias yang sedang stress atau sakit akan mengabaikan makanannya. Berbeda ya dengan ikan yang sudah kenyang, ikan yang sedang stress atau sakit tidak napsu makan ketika diberi makanan.

4. Terdapat Bercak Putih (White Spot – ICH)
Timbulnya bintik-bintik putih pada tubuh dan sirip ikan inilah gejala penyakit White Spot - ICH yang sering sekali menyerang ikan hias. Segera lakukan penanganan jika tidak ingin ikan hias peliharaanmu mati, karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebar ke ikan hias yang lain.

5. Terdapat Luka Pada Tubuh Ikan Hias
Biasanya luka pada tubuh ikan hias yang diakibatkan oleh perkelahian dengan ikan hias lain atau terkena gesekan dari kerikil terlihat samar, itu sebabnya kamu harus memperhatikannya dengan seksama. Jika benar ada luka di tubuh ikan hias peliharaanmu segeralah diobati.

6. Ikan Hias Terengah-Engah di Permukaan Air
Jika kamu melihat ikan hias peliharaanmu sering berada di permukaan air dalam beberapa hari terakhir dengan keadaan insang yang terengah-engah atau megap-megap, itulah salah satu tanda bahwa ikan hias peliharaanmu sedang mengalami gejala awal sakit. Periksa peralatan aquarium secepatnya pada filter, dan lainnya.

7. Menggosok-gosokkan Tubuhnya
Biasanya ikan hias yang sedang stress atau sakit lebih sering menempel pada dinding akuarium, oranmen, atau benda keras sebab rasa gatal menyelimuti tubuhnya yang diakibatkan oleh virus atau penyakit.

8. Ikan Hias Tergeletak di Dasar Aquarium
Apabila ikan hias peliharaanmu suka berada di dasar akuarium seperti jatuh atau lebih tepatnya ikan dalam posisi tergeletak di dasar aquarium itu menandakan bahawa ikan hias peliharaanmu kelelahan karena gejala stress yang sudah dijelaskan di atas. Jika ikan hias peliharaanmu menandakan gejala-gejala stress di atas harus segera diobati karena biasanya ikan hias yang sudah tergeletak di dasar aquarium sudah sulit disembuhkan.

9. Timbulnya ciri-ciri Penyakit Lain
Selain 8 tanda ikan hias stress atau sakit yang sudah disebutkan di atas, masih ada tingkatan lanjutan dari tanda dan ciri ikan hias stress atau sakit diantaranya mata bengkak, kapas mulut bahkan sirip busuk. Itulah sebabnya, mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan kesehatan ikan hias peliharaanmu.

Tags

3.089 Views

Published By : IKAN

05 April 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait