Mengenal Tentang Ikan Hiu Paus, si Destiny di Film Finding Dory!

Inilah Destiny di kehidupan nyata, si ikan Hiu Paus yang ada di film Finding Dory!

Mengenal Tentang Ikan Hiu Paus, si Destiny di Film Finding Dory!

1.500 Views

IKAN

Published By : IKAN

08 April 2018

Kali ini ada Destiny, si ikan Hiu Paus yang juga ditempatkan di pusat rehabilitasi yang sama dengan Bailey. Destiny mengalami masalah pada penglihatannya yang membuatnya harus dirawat di pusat rehabilitas hewan laut. Lalu seperti apa ya Destiny di kehidupan nyata?? Berikut penjelasannya.
 
Hiu Paus atau Rhincodon Typus merupakan ikan terbesar di dunia yang panjang tubuhnya mencapai lebih dari 12 meter dan berat tubuhnya rata-rata mencapai lebih dari 20 ton yang dikenal dengan mulut yang sangat besar, selebar 4 kaki. Uniknya, walaupun namanya adalah ikan paus, tapi ikan Hiu Paus bukanlah jenis ikan paus, melainkan spesies hiu.

Hiu Paus suka mengembara di samudera tropis yang beriklim hangat dan sering dijumpai di perairan Autralia Barat. Hiu Paus ternyata lebih suka hidup di dekat permukaan laut daripada di dasar laut. Dan tahukah kamu? Hiu Paus ini dapat bertahan hidup hingga usia 70 tahun serta dipercaya sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu.

Makanan utama Hiu Paus ini adalah plankton. Hiu Paus memiliki cara yang unik memakan mangsanya yaitu dengan menyapu lautan menggunakan filter di mulutnya. Dengan hanya membuka mulutnya saja plankton serta hewan kecil di sekitrarnya akan ikut tertelan dengan mudahnya.

Walaupun badannya sangat besar, namun Hiu Paus termasuk ikan yang cukup pemalu dan penurut, lho! Hiu Paus ini hampir tidak pernah menimbulkan masalah apapun untuk para penyelam dan perenang. Justru, mereka kerap menujukkan perilakunya yang jinak dengan ikut bermain bersama penyelam dan perenang. Hanya saja harus tetap berhati-hati ya! Jangan sampai karena terlalu asyik berenang bermain bersama hingga tak sengaja terkena pukulan sirip Hiu Paus.


Woah.. ternyata ikan Hiu Paus itu unik dan tidak terlalu berbahaya ya! Berbeda dengan hiu pada umumnya.

Tags

1.500 Views

Published By : IKAN

08 April 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait