Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Usaha sampingan sangat menarik untuk dijalani. Bahkan, secara umum seharusnya tak ada istilah gagal di dalam bisnis ini

Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

197 Views

Kristin Anggraini

Published By : Kristin Anggraini

21 February 2018

Jika direnungkan kembali, terdapat fakta menarik yang dimiliki oleh karyawan kantoran seperti gaji bulanan yang kecil. Namun nyatanya banyak dari mereka yang mempunyai waktu luang cukup besar. Sayangnya, sebagian dari mereka tidak menggunakan waktu luang tersebut dengan optimal dan mengubahnya menjadi pundi-pundi uang. Dari waktu senggang yang Anda miliki, mengapa tak mencoba menjalankan usaha sampingan di rumah? Usaha tersebut bahkan bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang.

Lantas, apa usaha yang bisa dijalankan? Berikut beberapa usaha sampingan modal kecil yang bisa Anda coba.

Cuci Motor dan Mobil

Bisnis ini merupakan salah satu usaha yang gurih. Banyak dari mereka yang rela antri sampai berjam-jam lamanya untuk memperoleh giliran. Harga, kualitas serta tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor membuat banyak pemilik kendaraan memilih menggunakan jasa jika dibandingkan dengan mencuci sendiri. Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa ini juga terjangkau. Untuk pemula, And Anda bisa memulai dengan usaha cuci motor. Kebutuhan yang harus disiapkan juga sederhana seperti kain lap, sabun, pompa air hingga semir ban motor. Seluruh barang ini bisa di dapatkan dengan harga Rp 10 juta.

Les Privat

Usaha sampingan di rumah berikutnya adalah jasa mengajar secara privat untuk beberapa mata pelajaran sekarang banyak ditawarkan mahasiswa yang ingin menambah tabungan. Les privat yang dibuka bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda seperti les privat mata pelajaran sekolah, bermain musik hingga bahasa asing. Awalnya, kita bisa mulai dari rumah ke rumah dan mendatangi murid-murid, setelah memiliki banyak murid, bisa mencoba membuka sendiri di rumah. Modal yang dibutuhkan sangat kecil, karena saat mendatangi murid yang dibutuhkan hanyalah biaya transportasi dan buku pelajaran.

Penerjemah

Bisa berbahasa asing? Mengapa tak mencoba menjadi seorang penerjemah? Gunakan kemampuan Anda dengan menawarkan jasa penerjemah. Penerjemah ini dibagi menjadi 2 golongan yakni profesional dan pemula. Penerjemah pemula bisa dimulai dengan menerjemahkan dokumen seperti artikel, makalah dan yang lainnya. Bisnis ini bisa memberikan pundi-pundi uang yang cukup berarti. Contohnya Anda mematok tarif Rp 50 rupiah per kata. Jika di 1 halaman terdapat 500 kata, Rp 25 ribu sudah berhasil Anda dapatkan.

Menjahit Pakaian

Mempunyai keterampilan menjahit? Bila mempunyai keterampilan menjahit pakaian, usaha sampingan di rumah dengan membuka jasa menjahit pakaian bisa dipilih. Mungkin pada awalnya terlihat kurang menarik, tetapi konsep usaha sampingan ialah untuk membuat waktu luang menjadi bermanfaat dan bisa menghasilkan uang. Sehingga, tak perlu terburu-buru membuka kios jahit. Dana minimal untuk membuka jasa menjahit ini hanya Rp 2 juta untuk membeli mesin.

Tags

197 Views

Published By : Kristin Anggraini

21 February 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait