4 Stadion Sepak Bola Paling Besar di Dunia, Apa Saja?

stadion juga menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan di pertandingan bola

4 Stadion Sepak Bola Paling Besar di Dunia, Apa Saja?

99 Views

Kristin Anggraini

Published By : Kristin Anggraini

21 February 2018

Apakah Anda merupakan penggemar sepak bola? Bagi penggemar sepak bola, menonton pertandingan secara langsung memiliki kepuasan tersendiri. Oleh karena itu, stadion juga menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan. Dari banyaknya stadion di seluruh dunia, ada beberapa stadion yang memperoleh sorotan karena mempunyai kapasitas besar dan bisa memuat puluhan hingga ratusan ribu penonton.

 

Lantas, mana saja stadion tersebut? Berikut ulasannya.

 

Camp Nou, Spanyol

 

Camp Nou adalah stadion bola paling besar di Eropa serta menjadi markas dari club Barcelona FC serta timnas Spanyol. Di stadion ini terdapat FC Barcelona Museum sebagai museum yang mempunyai jumlah pengunjung paling banyak nomor dua di dunia. Di setiap tahunnya, lebih dari 1,2 juta pengunjung menyambanginya.

 

Estadio Azteca, Mexico

 

Sebagai sebuah stadion paling besar di dunia, stadion ini menjadi satu-satunya yang pernah menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2 kali sekaligus.

 

Stadion ini juga menjadi tempat pengukir 3 momen bersejarah di dunia sepak bola. Momen tersebut ialah “Game of the Century” saat Italia berhasil mengalahkan Jerman Barat di waktu tambahan salah satu pertandingan semifinal ketika Piala Dunia 1970.

 

Azadi Stadium, Iran

 

Stadion ini ada di Azadi Sport Complex dan menjadi markas bagi Pesepolis FC, Esteghlal serta timnas Iran. Azadi Stadium dibangun pada tahun 1970. Desain dari stadion ini sedikit berbeda bila dibanding dengan yang lainnya, yakni bisa mengeraskan suara dalam stadion. Ini artinya, saat stadion penuh, suara sorakan penonton akan lebih bising. Sudah pasti ini mengganggu konsentrasi tim yang sedang bermain. Oleh sebab itu Azadi Stadium disebut sebagai most intimidating stadium in Asia. Selain itu dari tahun 2004, sudah disediakan layar televisi berukuran raksasa sebesar 20 meter x 7,5 meter. Layar ini ditambahkan untuk menggantikan papan angka sebelumnya serta menjadi salah satu yang paling besar di dunia.

 

Wembley Stadium, Inggris

 

Wembley Stadium menjadi rumah bagi Totteham Hotspur sampai tahun 2018 dan menjadi markas bagi tim nasional Inggris. Wembley Stadium memiliki kapasitas hingga 90.000 penonton dan mempunyai fasilitas yang unik.

 

Wembley Stadium memiliki 2.618 toilet serta menjadi veneu dengan jumlah toilet paling banyak di dunia. Selain kegunaannya sebagai lapangan pertandingan bola, Wembley Stadium sering digunakan sebagai tempat konser megah.

Tags

99 Views

Published By : Kristin Anggraini

21 February 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait