E-Gamelan, prestasi melestarikan budaya

Sebuah langkah memodernisasikan budaya agar lebih dekat dengan generasi penerus

E-Gamelan, prestasi melestarikan budaya

42 Views

new.tech

Published By : new.tech

10 April 2018

Siapa yang tidak tahu Gamelan? Sebuah budaya musik yang menjadi identitas suku Jawa kini mulai dimodifikasi mengikuti zaman. E-Gamelan atau Elektronik Gamelan yang menjadi penelitian yang dilakukuan oleh Tim Peneliti LPPM Universitas Dian Nswantoro Semarang (UDINUS) atas hibah yang diberikan oleh DIKTI. Objek gamelan sendiri juga terdiri dari rekaman dari Gamelan Kyai Sri Lokananta Surakarta.

Segudang prestasi sudah dicatat oleh e-Gamelan bahkan diawal pengembangannya tahun 2010 mengikuti CYCU Taiwan dan Singapura. Tahun ini, e-gamelan akan ikut serta dalam kegiatan internasional, UNICEF, yaitu festival Dance and Music of The World pada dua bulan pertengahan tahun ini. Delapan tembang lagu akan ditampilkan dalam festival tersebut.

Sebelumnya, lewat e-gamelan yang mengatur layar perangkat tablet, mereka membawakan lagu ran Saron, Bonang Barung, Bonang Penerus, Gong, Kenong, Demung, dan Slenthem.

Semoga dengan budaya yang diwariskan dengan cara yang dekat dengan anak muda bisa membuat pemuda Indonesia akra dan cinta dengan budayanya sendiri.

 

 

42 Views

Published By : new.tech

10 April 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait