Hindari Bahaya Anemia Pada Anak

Anemia adalah sebuah penyakit yang terjadi dikarenakan kekurangan sel darah merah. Sehingga, hal ini bisa menimbulkan kekurangan darah.

Hindari Bahaya Anemia Pada Anak

39 Views

Kesehatan by dr. Sinta Rizki

Published By : Kesehatan by dr. Sinta Rizki

31 March 2018

Anemia merupakan salah satu penyakit di mana seseorang mengalami kekurangan darah, akibat yang ditimbulkan pun bermacam-macam. Namun, apabila yang menderita penyakit ini adalah anak-anak maka tentu resiko yang harus dialami oleh anak tersebut akan semakin tinggi. Maka dari itu, sebelum terjadi, lebih baik para orang tua harus melakukan pencegahan sebaik mungkin agar anak Anda tidak terkena penyakit tersebut. Hal pertama yang dapat orang tua lakukan untuk menghindari bahaya penyakit kekurangan darah pada anak adalah dengan memberikan ASI eksklusif, karena ASI ini memiliki tingkat penyerapan yang tinggi meskipun kandungan zat besi yang ada di dalamnya rendah.

Karena bahaya yang ditimbulkan oleh anemia ini dapat mengancam kesehatan dan keselamatan sang anak, maka melakukan pencegahan sedari dini sangat perlu dilakukan. Memilih bahan makanan yang mengandung zat besi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan para orang tua, misalnya dengan memberikan anak makanan berupa brokoli, jus tomat, jeruk, strawberry dan juga aneka daging. Selanjutnya, selain memberikan anak makanan yang mengandung zat besi tinggi, orang tua juga harus mampu mengenali berbagai makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh anak. Beberapa contoh makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi tersebut antara lain yaitu teh, paprika, kunyit, gandum dan makanan lain yang tergolong asam fitrat.

Tags

39 Views

Published By : Kesehatan by dr. Sinta Rizki

31 March 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait