Punya Tetangga Rese, Ini 5 Cara Menghadapinya

Punya tetangga rese dan menyebalkan memang membutuhkan kesabaran ekstra, tapi mau bagaimana lagi, hidup bertetangga memasang susah.

Punya Tetangga Rese, Ini 5 Cara Menghadapinya

265 Views

Bagas Dharma

Published By : Bagas Dharma

03 March 2018

Para tetangga, terkadang memiliki tingkah yang agak 'lucu' sehingga sering membuat kita jengkel. Terkadang mereka memiliki kepentingan, yang mungkin secara tidak sengaja kerap mengganggu kepentingan orang lain termasuk kita yang menjadi tetangganya.

Dalam beberapa kasus, dengan sedikit pembicaraan internal permasalahan antar tertanggal bisa diselesaikan, tapi dalam beberapa kasus lainnya  diperlukan upaya luar biasa untuk menyelesaikannya. Berikut ini beberapa cara menghadapi tetangga yang rese dan menyebalkan.

1. Kirim makanan atau barang.

Siapa yang tak suka jika diberi makanan atau barang. Jika kalian ingin menjinakkan tetangga kalian yang menyebalkan, ambilah hati mereka menggunakan makanan atau barang.

Mungkin nampak sedikit berlebihan, tapi percayalah tetangga kalian akan mulai mengerti bahwa kalian ingin menjalin hubungan baik dengan mereka dan tak ingin ada perselisihan. 

2. Minta maaf terlebih dulu ke tetangga.

Kesan rendah hati dan baik hati akan muncul saat kalian mau berbesar hati meminta maaf terlebih dahulu. Meskipun kalian bukan dalam posisi yang bersalah, meminta maaf telebih dahulu akan membuat orang lain melihat sikap dewasa kita dalam menghadapi masalah. Ini sangat penting karena orang lain akan segan dan menghormati kita saat kita bersikap dewasa dan bijaksana. 

3. Teguran.

Jika dengan cara baik-baik tidak membuahkan hasil, mungkin teguran akan sedikit memberi efek ke mereka. Teguran bisa bersifat personal dengan mendatangi tetangga secara diam-diam atau teguran frontal degan cara melabraknya di depan umum. Kedua cara ini sama-sama memiliki resiko baik bagi tetangga kalian maupun diri kalian sendiri. Namun alangkah baiknya jika teguran personal dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan lebih jauh.

4. Membalas.

Yah, ini adalah langkah paling jauh Yang harus kalian lakukan saat tetangga kalian mulai bersikap di luar batas toleransi yang kalian miliki. Membalas bukanlah sebuah pemecahan masalah yang baik dalam bertetangga karena dapat menimbulkan keretakan hubungan, namun cara ini bisa dilakukan untuk memberikan efek jera kepada seseorang yang sulit untuk diberi teguran secara lisan.

5. Do'akan.

Mungkin nampak klise dan tidak menyelesaikan permasalahan. Tapi doa adalah cara terbaik manusia dalam menyelesaikan masalah. Do'akan tangga kita agar mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan jangan lupa do'akan diri sendiri agar bisa ikhlas menerima kenyataan bahwa kita memiliki tetangga yang menyebalkan.

Tags

265 Views

Published By : Bagas Dharma

03 March 2018

Artikel Lainnya

Artikel Terkait